Sabtu, 28 Oktober 2017

Cara Membuat Surat Pernyataan Berkelakuan Baik

blogger manual
Cara Membuat Surat Pernyataan Berkelakuan Baik
Surat pernyataan adalah sebuah surat yang dibuat oleh suatu pihak untuk menerangkan bahwa dirinya merupakan atau bukan merupakan bagian dari suatu anggota tertentu, pernah atau tidak pernah melakukan perbuatan tertentu, sanggup untuk menjamin suatu hal atau bersedia mengambil sebuah resiko tertentu. Surat pernyataan ini sendiri biasanya dilengkapi dengan materai 6000 untuk lebih resmi dan mungkin hanya dengan tanda tangan saja jika isinya tidak terlalu resmi.

Surat ini pun memiliki manfaat bagi penerima dan pembuatnya, yaitu sebagai berikut :

  1. Bagi pembuat, surat pernyataan ini dapat digunakan sebagai penguat agar dapat diakui oleh pihak lain. Surat ini juga dapat dijadikan bukti tentang dirinya yang sesuai dengan apa yang ditulis di dalam surat pernyataan tersebut. Maka dari itu, surat ini sebaiknya dilampirkan ketika anda melamar pekerjaan.
  2. Bagi penerima surat, surat pernyataan ini dapat menjadi sebuah bukti tertulis yang sah di mata hukum (apabila dibubuhkan materai) untuk meminta pertanggungjawaban apabila pihak yang ada di dalam surat tidak menepati seperti apa yang dinyatakan di surat tersebut.
Salah satu contoh surat pernyataan adalah surat pernyataan berkelakuan baik. Surat ini banyak diminta oleh pihak tertentu ketika seseorang melamar pekerjaan. Nah dalam pembuatannya, surat pernyataan berkelakuan baik ini sebenarnya tidak sulit. Beberapa bagian yang harus ada dalam surat pernyataan ini yaitu :
  1. Nama atau judul surat
  2. Isi surat pernyataan, terdiri dari identitas pemberi pernyataan, isi dari pernyataan, dan identitas pihak ketiga apabila surat ini dibuat oleh pihak lain. Namun jika dibuat sendiri oleh pemberi pernyataan, maka bagian tersebut tak perlu diisi.
  3. Epilog Surat, ini adalah bagian penutup surat. Dibagian ini tertera tempat dan tanggal dibuatnya surat, serta identitas pembuat surat (nama terang, tanda tangan dan materai)
Cara Membuat Surat Pernyataan Berkelakuan Baik
Untuk lebih jelasnya, dibawah ini kami berikan sebuah contoh surat pernyataan berkelakuan baik.


SURAT PERNYATAAN

Yang bertandatangan di bawah ini ,

Nama                               :
Tempat dan tanggal lahir :
Agama                             :
Alamat                             :

dengan ini menyatakan:
  1. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
  2. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil/Anggota Tentara Nasional Indonesia/Anggota Kepolisian Negara, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
  3. Tidak berkedudukan sebagai Calon/Pegawai Negeri Sipil dan Calon/Anggota Tentara Nasional Indonesia atau Calon/Anggota Kepolisian Negara;
  4. Tidak menjadi anggota dan atau pengurus partai politik;
  5. Bersedia ditempatkan di wilayah tempat mendaftar;
  6. Sanggup mengganti biaya pelaksanaan penerimaan sebesar Rp. 25.000.000,- (dua puluh lima juta) rupiah, apabila :
a. dinyatakan lulus ujian tahap akhir dan telah mendaftar ulang tetapi mengundurkan diri dengan alasan apapun, atau

b. mengundurkan diri setelah bekerja di BPS, dengan masa kerja kurang dari 5 (lima) tahun.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, dan saya bersedia dituntut di muka pengadilan serta bersedia menerima segala tindakan yang diambil oleh pemerintah, apabila dikemudian hari terbukti pernyataaan ini tidak benar.

……………………, ………………………………
Yang membuat pernyataan,

MATERAI
Rp. 6.000,-
………………………………….