Jumat, 16 Maret 2018

Tips Menulis Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan

blogger manual
Tips Menulis Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan
Surat pengunduran diri dari perusahaan adalah surat yang diajukan oleh seorang karyawan yang mengundurkan diri dari perusahaan tempat dia bekerja. Adapun alasannya, itu bervariasi tentu saja, dimulai dengan fakta bahwa mereka akan bekerja atau karena mereka ingin pensiun lebih awal. Surat ini adalah salah satu surat resmi yang sering kita temui di dunia kerja, di perusahaan, agen, dll.


Surat pengunduran diri ini harus diserahkan oleh karyawan yang bersangkutan selambat-lambatnya 1 bulan sebelum tanggal pengunduran diri. Alasannya adalah bahwa perusahaan memiliki cukup waktu untuk memutuskan apakah akan mengundurkan diri atau tidak. Jika perusahaan setuju, itu selalu dapat menemukan pengganti untuk karyawan yang telah mengundurkan diri terlebih dahulu. Sehingga posisi yang akan dibiarkan tidak kosong.


Mengenai format penulisan, surat ini memiliki format yang sama dengan surat resmi lainnya. Formatnya adalah sebagai berikut.

Tanggal pengiriman
Untuk siapa surat itu?
Konten (termasuk data pribadi yang berkaitan dengan identitas karyawan perusahaan, nyatakan maksud dan tujuan surat itu dan ungkapkan alasan pengunduran diri)
Penutupan (hapus nama dan tanda tangan)

Untuk menulis, karena surat ini termasuk surat resmi, gunakan ejaan yang ditingkatkan dan juga gunakan bahasa Indonesia yang benar. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa contoh surat pengunduran diri dari perusahaan.

Contoh 1 :


Medan, 17 Maret 2018
Kepada. Yth
Manager HRD
PT. Sukses Bersama

Dengan Hormat
Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Sukses Bersama berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang karyawan dan undang-undang tenaga kerja maka saya yang bertanda tangan di bawah ini
Nama                : Rita Tria Anita, SE
Departemen      : Produksi
Jabatan             : Manager Produksi
No Karyawan   : PR56983
Bermaksud mengajukan pengunduran diri dari PT. Sukses Bersama karena sakit yang saya derita. Surat ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial dan perundangan yang berlaku. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak – hak sesuai ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan sebenarnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya


Rita Tria Anita, SE

Tips Menulis Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan

Contoh 2 :

Padang, 1 Februari 2018

Kepada. Yth

HRD Manager
PT. Mandiri Semesta
Jl. Pahlawan Kemerdekaan No.75
Padang, Sumatera Barat

Dengan Hormat,
Melalui surat ini saya Clara Azzahra, SH bermaksud mengundurkan diri dari PT. Mandiri Semesta sebagai Assiten Manager Pemasaran, terhitung sejak tanggal 1 Maret 2018. Keputusan ini saya ambil karena saya akan melanjutkan pendidikan menuju S2.
Saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja dan belajar di perusahaan yang Bapak pimpin. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Mandiri Semesta apabila terdapat kesalahan ucapan dan tindakan yang saya lakukan selama bekerja.
Saya berharap PT. Mandiri Semesta dapat terus berkembang dan menjadi perusahaan kontraktor IT nomor 1 di Indonesia.

Hormat Saya


Clara Azzahra, SH

Nah bagaimana, sudah jelas dengan contoh yang kami berikan diatas?. Dan demikianlah ulasan kami mengenai surat pengunduran diri dari perusahaan. Semoga dapat membantu dan sampai jumpa di ulasan berikutnya.